Sabtu, 21 Maret 2009

Persiapan Ujian Nasional

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Burhanudin Tola menyatakan sekolah tidak perlu berlebihan mempersiapkan siswa mengikuti ujian nasional karena posisinya yang sama dengan penentu kelulusan lainnya, siswa juga tidak perlu dipaksa mengikuti bimbingan belajar atau uji coba ujian nasional. “Tidak ada teori yang bilang harus ikut bimbingan belajar agar lulus, cukup guru dan sekolah yang melakukan pembelajaran, jika baik maka hasil siswa juga akan baik,” katanya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan kelulusan siswa dinilai berdasarkan nilai ujian nasional, ujian sekolah, kehadiran, dan sikap/akhlak mulia.

Tola menganggap ketakutan berlebihan yang dirasakan siswa dan sekolah saat ujian nasional dikarenakan ujian nasional merupakan satu-satunya penentu kelulusan yang tidak bisa dikatrol karena penilaiannya dilakukan di tingkat pusat, sedangkan tiga penentu kelulusan lain dinilai di sekolah.

“Sekarang waktunya bagi sekolah untuk belajar untuk memeratakan penentu kelulusan siswa. jangan ada lagi katrol nilai ujian sekolah, jumlah kehadiran atau sikap sehari-hari di sekolah. Jika dijalankan dengan baik, maka guru dan sekolah yang akan menjadi penentu kelulusan,” kata dia.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Mungin Eddy Wibowo sebelumnya menyatakan ujian nasional tingkat SMA/sederajat akan digelar pada 20-24 April 2009 mendatang, sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada 27 April hingga 1 Mei 2009.

Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah/SMP Luar Biasa/sederajat akan digelar pada 27-30 April 2009 mendatang, sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada 4-7 Mei 2009.

Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas Luar Biasa dan Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan akan digelar pada 20-22 April 2009 mendatang, sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada 27 April hingga 29 April 2009. Mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Uji kompetensi keahlian dilakukan sebelum pelaksanaan ujian nasional dan teknis pelaksanaannya akan diatur tersendiri. (Tempo Interaktif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar