Kamis, 01 Juli 2010

Bunyi tiit… tiit… tiiit… Pada Komputer


Kadang kita menemukan kasus komputer yang kita pakai tiba-tiba pas di nyalakan berbunyi tiit… tiiit… tiit… dan gak ada reaksi sama sekali di layar monitor, bagi sebagian orang tentunya langsung panik, apalagi computer yang mau dipakai sangat penting dan ada pekerjaan yang harus di selesaikan secepatnya, akhirnya tanpa pikir panjang biasanya langsung panggil teknisi suruh memperbaiki dan ujung-ujungnya pastinya mengeluarkan biaya. padahal kalau dilihat sang teknisi begitu keliatan sakti sekali, dengan sekali sentuh, langsung jalan normal lagi.
Kasus ini biasanya terjadi ketika anda baru membawa, memindah atau mungkin membongkar CPU anda untuk di bersihkan dan mungkin menimbulkan goncangan pada CPU, dan kasus yang lain memang sudah saatnya ada yang rusak dan harus diganti pada memory RAM komputer anda.
Pada saat komputer anda berbunyi tiit 3 x coba anda cek pemasangan memory RAM anda dengan cara melepas dan memasang kembali (jangan lupa bersihkan dulu dari debu, bisa gunakan kwas, atau tangan kita juga bisa), karena ada kemungkinan RAM kurang mapan dalam pemasangannya. Apabila masih belum bisa coba lepas, dan gunakan salah satu RAM saja apabila terdapat 2 keping RAM, tapi kalau cuma 1 ya coba pinjem atau pakai RAM komputer lain untuk mengecek komputer anda, besar kemungkinan RAM anda mati, dan harus beli lagi.
Mungkin anda bertanya, lha terus kalau bunyinya banyak bagaimana..?
Nah untuk itu dibawah ini ada beberapa bunyi-bunyian pada BIOS komputer anda:
a)      1 beep sampai 3 beep, ada kaitannya dengan memory. Solusinya pasang ulang RAM atau di coba dengan memory lain.
b)      4 beep, hal ini berkaitan dengan motherboard, Solusinya coba pasang ulang semua kartu tambahan, misalnya sound card, modem, tv tuner, dll tapi bukan vga.
c)      5 beep, untuk suara beep ini biasanya ada kaitannya dengan eror di prosesor atau kartu tambahan. coba telusuri dulu dari kartu tambahan, dengan cara memasang satu persatu. bila semua kartu tambahan sudah di lepas tapi bunyi beep masih ada, berarti eror di prosessor.
d)     6 beep, nah beep yang lumayan banyak ini ada kaitannya dengan motherboard. Coba lakukan seperti pada kasus 5 beep.
e)      7 beep, berkaitan dengan error secara umum, Telusuri secara berurutan mulai dari kartu tambahan, prosessor, baru kemudian motherboard
f)       8 beep, ada kaitannya dengan vga. Coba pasang ulang atau coba dengan vga lain. Jika vga komputer anda onboard. berarti anda harus matikan dulu lewat BIOS dan gunakan video card add-on.
g)      9 beep, berhubungan dengan AMIBIOS ROM checksum error. Solusinya sama kasus 7 beep.
h)      10 beep, berkaitan dengan CMOS read/whrite error. Solusinya sama seperti 9 beep.
i)        11 beep,ada hubungannya dengan kegagalan cache memory. Solusinya pun sama persis dengan 10 beep. 
[sumber : http://www.mr-mung.com]

1 komentar:

  1. kaomputer saya bunyi terus - terusan......
    kira - kira kenapa ya?

    BalasHapus