Selasa, 17 Maret 2009

Pemrograman Web

Bahasa pemrograman web yang saat ini digemari para programmer web adalah PHP. Selain bersifat open source (alias gratis), scripting ini mudah diintegrasikan ke dalam tag html. PHP juga didukung oleh berbagai program database, mulai dari : MS Access, Adabas, dbase, Empress, filepro, Informix, interbase, msql, mysql, Oracle, dan lain-lain.

Script PHP sangat mudah di-embedding ke dalam tag html sehingga dalam pembuatan web dinamis dapat dilakukan dengan cara yang cepat. Bahkan Anda dapat menyisipkan script PHP pada halaman web yang Anda kerjakan dengan editor html yang bersifat WYSIWYG seperti Macromdia Dreamweaver.

Perkembangan bahasa pemrograman web pertama kali diawali dengan diluncurkannya HTML (Hypertext Markup Language), yang masih statis. Kemudian bahasa ini dikembangkan dengan adanya CSS (Cascading Style Sheet) yang dapat memperindah tampilan website.

Perkembangan selanjutnya web dapat semakin interaktif dengan dapat dimasukkannya suatu script kedalam HTML seperti misalnya javascript dan VB script. Bahasa-bahasa tersebut memiliki kelemahan karena sourcenya dapat dilihat dengan lengkap oleh pemakai.

Kemudian langkah ini dikembangkan dengan munculnya bahasa pemrograman web yang berbasis server (server side) yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan raksasa perangkat lunak, misalnya Microsoft dengan ASP (Active Server Pages) yang support terhadap sistem operasi buatannya sendiri yaitu Windows NT Server ataupun Windows 2000, JSP (Java Server Pages) yang dikembangkan oleh pesaingnya Sun Microsystem dan CGI(Common Gateway Interface) yang dikembangkan oleh pihak lain.

Bahasa-bahasa tersebut mempunyai beberapa kendala misalkan Acrive Server Pages dapat dijalankan di sistem Operasi buatan Microsoft sendiri, Common Ghateway Interface berjalan pada sistem operasi yang berbasis UNIX merupakan permasalahan apabila ingin diimplementasikan. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka muncullah bahasa pemrograman web yang dpat berjalan pada sistem operasi windows sekaligus pada sistem operasi berbasis UNIX yaitu PHP (PHP Hypertext Prepocessor).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar