Sabtu, 28 Maret 2009

Sahitel SP703



Seiring kemajuan zaman yang serba instan ini, telah lazim dijumpai adanya aneka komputer mungil dan mobile. Ini tercermin dari adanya notebook yang kini demikian populer yang juga diikuti oleh sistem barebone (PC mini). Barebone ini tidak lain merupakan unit CPU yang mengalami penyusutan casing. Namun sebuah barebone tetap mengharuskan adanya monitor untuk menampilkan output atau aneka informasi lain. Nah, kini solusi paling gres telah muncul dalam bentuk sebuah monitor yang digabung dengan sebuah komputer seperti model Slim PC dari Sahitel ini.
Sepintas, dari luar Sahitel SP703 terlihat tidak lebih dari sekedar monitor LCD biasa. Namun, di balik panel LCD tersebut ternyata tersembunyi seperangkat PC lengkap yang terbungkus casing setebal 4,5cm. Di dalam casing, ini tentu saja terdapat komponen PC dengan spesifikasi prosesor Dual Core T2370 1,73GHz, memori DDR2 2GB (dual-channel), serta harddisk IDE 120GB. Tidak lupa disertakan sebuah DVD-RW yang terletak di bagian samping. Cukup pasangkan mouse dan keyboard saja maka jadilah produk ini sebuah LCD PC yang amat praktis karena selain ringan (4,5kg) juga hemat ruang dan juga irit listrik (hanya membutuhkan sekitar 40 watt).
Sebagai displainya, SP703 menggunakan monitor LCD 17” plus speaker stereo terintegrasi di bagian depan. Kerennya, suara keluaran speaker ini lebih kuat dibandingkan suara dari notebook umumnya. Dalam hal konektivitas, SP703 juga melengkapi dirinya dengan koneksi LAN, 4 buah port USB, card reader 4-in-1 (SD/MMC, MemoryStick/Pro), port D-sub untuk monitor eksternal, dan port audio 3,5” layaknya pada PC. Dipikir-pikir, LCD PC ini jadi mirip dengan notebook juga.
Ditilik dari featurenya, jelas Sahitel SP703 memiliki keunggulan dalam hal mobilitas (mudah dibawa pergi) serta hemat ruang dan daya. Anda pun dapat melakukan upgrade beberapa komponen seperti halnya PC, terutama untuk CPU, memori, dan harddisk (dengan mengesampingkan faktor garansi tentunya). Namun, PC mungil ini juga memiliki kelemahan seperti sudut pandang LCD yang rendah (sehingga sulit dilihat bila mata pemakai tidak tegak lurus dengan layar). Fasilitas pengaturan displai juga amat minim karena hanya menyediakan perubahan level brigthness saja tanpa menyediakan pilihan konfigurasi manual lebih lanjut.
Kami melakukan rangkaian uji pada unit ini meskipun Sahitel SP703 hanya dilengkapi dengan sistem DOS. Dengan sistem Windows Vista, Sahitel SP703 yang memakai Intel Dual Core 1,73GHz ini masih cukup nyaman digunakan meski kami sarankan Anda memakai Windows XP saja. Skor rata-rata yang ditampilkannya membuat produk ini masih layak digunakan untuk aktivitas kerja dan Internet. Dan karena chip grafis yang dipakainya kurang bertenaga, produk ini jelas tidak ditujukan untuk aktivitas gaming. Proses encoding audio sebenarnya juga kurang gegas meski hal ini tidak terlalu penting untuk sebuah PC mini. Kalau Anda memang lebih mengutamakan aktivitas perkantoran dan Internet sekaligus mementingkan kepraktisan tempat, Sahitel SP703 merupakan salah satu PC yang kami rekomendasikan. (Deny Prasetyo+ infokomputer.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar