Rabu, 18 Maret 2009

Facebook

Seperti biasa, Facebook merupakan salah satu media social networking yang paling gencar melakukan update atau perubahan terhadap sistemnya. Dan kali ini Facebook akan merubah lagi layout homepagenya dengan layout baru yang dinyatakan lebih memberi kemudahan bagi para pengguna untuk mengetahui berita mengenai teman-teman dekatnya. Bahkan bukan hanya sampai di situ, Facebook bahkan menambahkan fasilitas mengupdate berita ini secara real-time, seperti apa yang terjadi di Facebook chat yang bisa menampilkan berita terbaru dari pengguna lain yang sedang chat dengan kita. Semuanya menjadi mungkin dengan teknologi AJAX yang memang sudah dimanfaatkan sepenuhnya oleh Facebook sejak lama.

Bila dilihat dari halaman tour untuk homepage barunya ini, tampaknya desainnya sedikit mengadopsi desain WordPress 2.7 yang merupakan salah satu platform blogging yang terpopuler saat ini, di mana filter-filter penting untuk berita dari aplikasi, teman, keluarga bisa diakses melalui menu sebelah kiri. Desain ini mengingatkan kita kembali kepada desain lama FB yang menuliskan daftar aplikasi yang kita gunakan di sebelah kiri juga, bedanya sekarang berfungsi sebagai filter feeds.

Dan tampaknya layout baru ini akan membuat Facebook menuai banyak kecaman lagi seperti ketika Facebook memutuskan melakukan migrasi dari desain lama ke desain baru sekarang ini, dan tinggal menunggu waktu sampai tiba-tiba muncul banyak Facebook dengan user yang beranggota jutaan yang menolak desain layout baru ini (padahal belum tentu semua yang bergabung itu merupakan pengguna-pengguna anti layout baru, mungkin saja cuma ikut-ikutan temannya atau menerima request atau invitation dari teman). Yah, hanya pengguna yang tidak bisa atau tidak mau beradaptasi saja yang akan melakukan itu semua, dengan kasus yang paling ekstrim adalah ga menggunakan Facebook lagi sekarang.

Toh lihat saja, setelah 1 tahun berlalu, jutaan orang membuat petisi mengenai desain baru Facebook sekarang, ratusan group anti layout baru Facebook dibuat, tampaknya pengguna Facebook malah makin banyak, dan tampaknya semua sudah hanya menjadi badai yang sudah berlalu sekarang, di mana para group dan petisi menjadi puing-puingnya.

Mari tunggu saja perubahan terbaru ini yang katanya akan diluncurkan “soon”.
etersoul.com


Bagi Teman2 yang mau buat Facebook silakan Klik Di Sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar