Rabu, 18 Maret 2009

Kompetensi dan Organisasi

Istilah kompetensi sudah cukup lama didengungkan dalam dunia pendidikan baik dalam pendidikan formal maupun informal. Kompetensi merupakan materi atau bidang kerja yang bisa dibuat parameter dalam keberhasilan suatu pekerjaan. Secara umum, kompetensi berfungsi sebagai parameter tingkat kemajuan suatu bidang kerja yang digunakan untuk uji kualitas terhadap seseorang yang telah mendalami suatu bidang kerja tertentu.

Dalam sebuah organisasi, wujud dari kompetensi terdapat dalam hal-hal yang terkait dengan fungsi kompetensi tersebut, misalnya dalam pengembangan kualitas anggota. Dalam kompetensi, kualitas Sumber Daya Manusia dalam organisasi diukur secara numeric dan kemudian dideskripsikan dalam bentuk angka atau abjad. Misalnya, si X menguasai rigging / SRT maka bobot kualitas si X bisa dinilai dengan angka 10 atau huruf A. Dengan kompetensi tersebut maka kita dapat mengukur keberhasilan suatu program kerja dengan parameter yang kita tetapkan di awal.

Dari penjelasan di atas maka dapat kita rinci beberapa manfaat uji kompetensi, yaitu :

1. Mengukur kontribusi individu terhadap organisasi

2. Mengukur kontribusi kelompok terhadap organisasi

3. Mengidentifikasikan kebutuhan training

4. Melihat hasil belajar

5. Memberikan sertifikat kompetensi yang telah dicapai

Pesan tambahan: hati-hati bagi pengguna internet yang masih dibatasi oleh bandwidth dengan perubahan layout baru ini, kemungkinan akan terjadi pembengkakan bandwidth karena Facebook secara otomatis akan merefresh homepage secara teratur yang mungkin bisa menyedot cukup banyak bandwidth, terutama bila perubahan mencakup berita yang menggunakan gambar. Saran dariku, tutup saja halaman homepage Facebook bila memang ga digunakan, atau matikan fasilitas auto-refresh bila memang disediakan nantinya.

selengkapnya Klik Di Lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar